Vaksin Belum Ada, 6 Hal Ini Diyakini Paling Ampuh Obati Pasien Corona Covid

Terapi ini sudah diterapkan untuk banyak penyakit berbeda selama satu abad terakhir. Dia melanjutkan, untuk pasien gejala berat dan kritis ada pilihan obat ada tambahan obat yang diberikan pad akasus berat dan kritis seperti deksamethason dan antikoagulan. Pengobatan pasien COVID-19 didasarkan pada tingkat keparahan gejala virus Corona yang muncul. Lebih menggembirakan lagi, tes swab yang dilakukannya secara berturut-turut menunjukkan hasil negatif dalam three hari sesudahnya. Obat ini memiliki berbagai efek samping dan dapat membahayakan jantung. Namun Society of Critical Care Medicine Amerika Serikat menyebut tidak ada cukup bukti untuk mengeluarkan rekomendasi tentang penggunaan klorokuin atau hidroksi klorokuin pada pasien Covid-19 dewasa yang sakit kritis.

Hasil pengujian menunjukkan, remdesivir memang membantu mencegah radang paru-paru atau pneumonia, namun tak bisa melepaskan virus dari tubuh hewan. Ia mengatakan bahwa dexamethasone tidak terbukti manjur pada pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan hanya bisa membantu pasien yang mengalami kesulitan pernafasan. “Ini satu-satunya obat yang sejauh ini terbukti bisa menurunkan risiko kematian dan penurunan ini sangat signifikan. Ini sebuah terobosan besar,” kata Peter Horby, ilmuwan yang memimpin penelitian tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa dexamethasone bisa mengurangi risiko kematian sekitar 40 sampai 28 persen pada pasien Covid-19 yang dirawat menggunakan ventilator. Sementara pada pasien yang harus diberikan oksigen, risiko kematian berkurang dari 25 sampai 20 persen.

Ia juga menjelaskan, saat diteliti secara in vitro , kondisi ini kemungkinan disebabkan karena sel tubuh yang tidak cocok dengan zat di dalam obat. Namun, belum ada riset membuktikan obat ini bisa mengatasi atau mencegah Covid-19. Obat ini biasanya digunakan untuk obat kumur dan produk-produk kesehatan gigi untuk membunuh kuman. Di beberapa negara, obat ini hanya dapat boleh digunakan untuk pengobatan hewan.

Obat yang di Jepang dikenal dengan merk Avigan ini, juga sudah mendapat izin edar di Rusia dengan nama Avifavir. “Pasien yang sembuh dari infeksi mungkin punya respon antibodi terhadap infeksi dengan cara lebih baik,” ucap Venkateshaiah. Namun, belum diketahui apakah terapi itu efektif membantu orang untuk pulih atau tidak dari virus corona. Biasanya, bila gejalanya ringan, Anda akan disuruh untuk isolasi mandiri di rumah. Namun, bila gejalanya berat, Anda diharuskan isolasi di rumah sakit atau fasilitas kesehatan.

Obat penyembuh covid yang ampuh

Contoh pemanfaatan dari kekayaan alam tersebut adalah penggunaan tanaman natural untuk tujuan kesehatan secara turun temurun. Saat ini, tanaman natural banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai salah satu cara untuk membantu pencegahan virus corona. Tanaman herbal yang umum dikonsumsi oleh masyarakat adalah tanaman empon empon seperti kunyit, jahe dan temulawak. Klaim daun sungkai sebagai obat untuk menyembuhkan pasien positif virus corona Covid-19 belum terbukti secara klinis dapat menyembuhkan pasien positif virus corona. Untuk menemukan vaksin dan obat yang bisa mengobati COVID-19 tentu nggak mudah. Sejumlah perusahaan farmasi dan para ahli dari seluruh dunia telah melakukan penelitian dan uji klinis.

Mulya