Obat Apa Yang Harus Disediakan Saat Orang Yang Terpapar Covid

Sekitar 19 dari 20 pasien dengan Coronavirus sembuh tanpa dirawat di rumah sakit. Obat yang murah dan tersedia luas itu dapat membantu menyelamatkan nyawa pasien yang sakit parah dengan Covid-19. Dexamethasone adalah jenis pengobatan steroid dosis rendah dan terobosan besar dalam perang melawan virus mematikan. Meski harga Deksametason terjangkau, ia mengingatkan bahwa penggunaan obat ini wajib melalui konsultasi dokter dan tidak bisa sembarangan, karena bisa menimbulkan efek samping yang malah merugikan kesehatan.

Sebuah studi kecil dari para ilmuwan di Universitas Southampton menunjukkan bahwa inhaler yang mengandung obat interferon beta, yang digunakan untuk mengobati multiple sclerosis, bisa efektif. Para ilmuwan berpikir orang yang menjalani pengobatan karena tekanan darah mereka akan disarankan untuk tetap menjalani pengobatan tersebut. Obat tersebut telah diizinkan untuk penggunaan darurat di AS, India, dan Singapura dan disetujui di Uni Eropa, Jepang, dan Australia untuk digunakan pada orang dengan gejala parah. Pengobatan ini membutuhkan plasma yang mengandung antibodi terhadap virus yang dikumpulkan dari orang yang telah pulih dari COVID-19.

Namun demikian, aturan dalam pengembangan obat baru dari natural pun tentunya juga harus mengikuti kaidah ilmiah yang berlaku. Sumber obat herbal sedikit berbeda dengan obat sintetik, yaitu adanya kemungkinan berasal dari pengalaman empiris bertahun-tahun. Jamu-jamu atau ramuan tradisional Indonesia dari berbagai daerah umumnya telah memiliki pengalaman bertahun-tahun untuk suatu penyakit tertentu. Jika suatu obat sangat manjur terhadap suatu penyakit tetapi menyebabkan efek samping yang berbahaya, maka calon obat tersebut tidak bisa diteruskan menjadi obat baru. Calon-calon obat tersebut perlu diujikan pada hewan dahulu untuk melihat potensi keamanannya, yang disebut dengan uji toksisitas.

Hydroxychloroquine juga digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis atau peradangan sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri, karena dapat mengatur sistem kekebalan. Menurut yang dia ketahui, TPK merupakan salah satu bentuk vaksinasi pasif yang bisa membunuh virus Covid-19. Hanya tiga minggu setelah menambahkan Ivermectin dalam daftar obat untuk pasien yang terpapar virus korona, New Delhi dikabarkan langsung lolos dari tsunami Covid-19.

“Karena dosis dan lama penggunaan Deksametason diberikan berdasarkan usia, kondisi, dan reaksi pasien terhadap obat,” Reisa menambahkan. BPOM menyatakan akan terus memantau dan akan menindaklanjuti lebih lanjut hasil penelitian Universitas Oxford tentang obat Deksametason. “Saat ini belum terdapat obat yang spesifik untuk Covid-19, walaupun beberapa obat telah dipergunakan di penanganan Covid-19 sebagai obat uji,” demikian pernyataan BPOM di laman resminya, pada Jumat, 19 Juni 2020. Profesor ahli bidang penyakit menular Departemen Kedokteran Nuffield, Universitas Oxford, Peter Horby mengklaim hasil riset soal efektivitas obat murah itu merupakan “terobosan besar.”

Pada fase uji klinis, unsur aktif BNT162b2 dari perusahaan BioNTech dari Jerman dan Pfizer dari AS tidak menunjukkan efek samping serius. Tapi setelah mendapat izin, vaksin mRNA ini tunjukkan reaksi alergi berat pada beberapa orang, bahkan tiga mengalami gejala syok anaphylaktis. Di Amerika Serikat, dua jenis obat antibodi ini telah mendapat izin penggunaan darurat untuk diberikan kepada pasien berusia 12 tahun ke atas, yang memiliki risiko mengembangkan gejala berat Covid-19. Lembaga pengawas obat-obatan AS menyebutkan bahwa obat ini bisa menurunkan probabilitas gejala sakit berat. Tapi belum ada satupun yang terbukti ampuh memerangi penyakit yang dipicu virus corona SARS-CoV-2.

Kini setelah Corona mewabah, Carrimycin langsung direview untuk penanganan Covid-19. Tapi kalau dikatakan unproven, semuanya unproven atau belum terbukti sebagai obat Covid-19, tapi pemerintah sudah menyediakan. Khusus remdesivir ini saya kurang tahu kenapa yang menginisiasi swasta, walaupun BUMN juga sudah memulai.

Dari situ makanya diizinkan untuk beredar tapi menggunakan emergency use authorization atau izin edar dalam situasi darurat. Artinya selama belum ada obat yang benar-benar definitif, maka obat ini boleh dipakai. Belakangan ini Badan Pengawas Obat dan Makanan mengumumkan izin penggunaan remdesivir dalam penanganan pasien Covid-19 dengan syarat kondisi darurat kesehatan atau emergency use authorization . Pemberian izin yang distribusinya diberikan kepada PT Kalbe Farma Tbk ini menarik perhatian publik. Menanggapi hal itu, Pemerintah Afghanistan menyatakan opium bukanlah obat untuk penanganan Covid-19. Pemerintah setempat juga telah menekan penggunaan agar tidak beredar luas.

Sejauh ini riset klinis terhadap pasien yang mendapat pengobatan dengan Regeneron tidak menunjukkan efek samping lebih berat daripada kelompok pembanding. Namun FDA juga mengingatkan, ada kemungkinan potensi efek samping, baik yang lazim maupun yang berat. Sejak beberapa hari belakangan, diskusi mengenai dua jenis obat antibodi untuk pasien Covid-19 risiko tinggi kembali mencuat di Jerman. Yakni Bamlanivimab dari perusahaan farmasi Eli Lilly, dan REGN-CoV-2 buatan Regeneron, berupa “cocktail” dua antibodi Casirivimab dan Imdevimab.

Obat penyembuh covid yang ampuh

“Penjualan obat Deksametason dan steroid lainnya, termasuk melalui online yang tanpa ada resep dokter dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegas BPOM. Setelah direview, China resmi memasukkan Carrimycin sebagai satu dari 10 obat yang direkomendasikan untuk Covid-19. Selain itu juga mereka dibagi dalam kelompok berdasarkan stadium penyakit mulai ringan, sedang hingga berat. Tapi bila sudah lama beredar dan patennya sudah habis, biasanya bisa dibuat generiknya dan akan lebih murah. Mekanismenya mirip remdesivir, menghambat replikasi virus dengan target enzim yang namanya RNA dependent dan RNA polymerase yang dibutuhkan untuk sintesis dan replikasi virus.

Mulya