Istri Jadi Tulang Punggung Keluarga, Nafkahnya Jadi Utang?

Pertama karena suami tidak lagi bersama, entah meninggal atau perceraian. Surabaya, November 2019 – Ibu adalah bidadari surga yang dikirimkan untuk menjaga, mendidik, dan membimbing anak-anaknya agar kelak menjadi orang yang berguna. Bunga mengaku hasil yang didapat Tembak Ikan Terpercaya dari menjajakan diri hampir seluruhnya dikirimkan untuk kebutuhan sehari-hari keluarganya dirumah. Sang istri menyebut pertemuan terakhir dengan suaminya saat sang suami pamit mengojek. Pasalnya ia harus kehilangan suami yang menjadi tulang punggung keluarga.

Menjadi tulang punggung bagi keluarga

Akibatnya beban isteri menjadi sangat berat, karena harus menjalankan dua peran sekaligus. Karenanya tidak berlebihan bila ibu merasa terbebani dengan kondisi seperti ini, apalagi kondisi ini ternyata sudah ibu jalani selama 15 tahun, atau sejak awal pernikahan. “Setelah bergabung menjadi mitra Gojek kebutuhan saya alhamdulillah tercukupi dengan penghasilan 2,5-3 juta per bulan untuk pengeluaran seperti pendidikan anak, sewa rumah, listrik dan makan sehari-hari,” kata Pipit. Seorang kepala keluarga memiliki tanggung jawab untuk mencari nafkah.

Meski berat, namun hal tersebut menjadikan perempuan memiliki hati dan jiwa yang tangguh sehingga dapat memikul beban tersebut. Mungkin kamu sebagai anak perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga harus rela tidak nongkrong bareng teman, tidak beli baju baru sesuka kamu, dan tidak memiliki gadget keren demi menabung untuk biaya hidup dan biaya keluarga. Dan lagi-lagi perempuan menjadi pihak yang sering dipersalahkan. Seorang istri yang juga menjadi tulang punggung keluarga perlu mendapat assist dari lingkungan. Beban pekerjaan dan beban pikiran jika tidak dikelola dengan baik dapat menjadi masalah bagi kesehatan, baik fisik maupun psikis.

Dikatakan Founding Partner Valar Ventures, James Fitzgerald, bisnis UMKM merupakan salah satu kegiatan ekonomi utama bagi masyarakat Indonesia dan juga bagian dari budaya bangsa. Namun, mereka terpaksa harus menggunakan produk-produk yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Kondisi pandemi sekarang membuat masalah ini menjadi semakin jelas terlihat dari sebelumnya. Tim BukuWarung memiliki keinginan untuk membantu para pedagang UMKM agar bisa beradaptasi dan ikut menjadi bagian dari perdagangan online.

Dalam menjalankan tugasnya, apalagi bekerja di bidang jasa, Vira mengaku senang bisa membantu orang. Apalagi berkaitan dengan nyawa, harus selamat saat menjemput dan mengantar sampai tujuan,” ujarnya. Berdasarkan hadis ini pula, dalam madzhab syafi’iyah seorang perempuan boleh memberikan zakatnya untuk suaminya, ini juga pendapat Abu Hanifah, At-Tsauri, dan salah satu riwayat dari Malik dan Ahmad bin Hanbal. Akhirnya Zainab datang sendiri ke Rasulullah SAW, dan di pintu, ia bertemu dengan seorang perempuan yang juga memiliki keperluan yang sama. “Kami bertemu Bilal dan memintanya untuk menanyakan kepada Rasulullah, “Apakah saya cukup berzakat atau bersedekah dengan menafkahkan harta saya untuk suami saya dan anak-anak yatim yang di asuhanku?

Seorang istri yang menanggung beban terlalu berat akan lebih mudah emosi, marah dan depresi. Menjadi tulang punggung keluarga bagi seorang perempuan bukan hal yang menyenangkan dan mudah. Menjalankan peran yang bukan kodratnya tentu sangat melelahkan dan menyiksa batin.

Sebagai seorang anak yatim piatu, perjuangannya berjualan cilok sambil bersekolah dinilai sangat inspiratif. Sebagai tulang punggung keluarga, Saputra membantu sang kakak untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun benarkah kondisi seperti itu sebenarnya membuat wanita kurang bahagia dalam perkawinan?

Mulya