Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu Untuk Meneruskan Bisnis Keluarga

Fadel mengatakan HIPMI sebagai organisasi besar adalah tempat yang tepat untuk mengkolaborasikan potensi bisnis para pengusaha lainnya di Kota Makassar. Webinar ini menghadirkan narasumber yang sangat menginspirasi yaitu Dr Megawati Simanjuntak, dosen IPB University dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen. Pada kesempatan ini, dosen IPB University itu menjelaskan bahwa dalam merintis suatu usaha, ada tahapan yang harus dipersiapkan seperti penentuan ide usaha, modal, promosi, dan monitoring evaluasi dalam pelaksanaannya.

Mengapa bisnis keluarga menjadi usaha utama

Selain harapan hidup yang meningkat, keberhasilan bisnis keluarga pada generasi ketiga juga ditopang oleh meluasnya kesadaran menerapkan good company governance sebagai pilar penting untuk menjaga kesinambungan usaha. Penerapan GCG dalam bisnis keluarga, lanjut Ronny, bisa membantu menyeimbangkan pertumbuhan bisnis dan harapan keluarga. Ia yang hingga saat ini memiliki karyawan sebanyak 25 orang mengaku cukup menikmati kehidupan sebagai pengusaha. Selain karena berpotensi sebagai miliarder, bekerja sebagai pengusaha memberikan kebebasan untuk melakukan apa saja yang disukai dan juga memiliki penguasaan penuh atas potensi diri sendiri. “Karena menjadi pengusaha berarti bekerja untuk diri sendiri,” ucap Tegar Mahardika. Pengusaha dibidang penyedia jasa laundry dan ekspor alat pengering karpet multinasional ini memulai usahanya sejak tahun 2009.

Prioritas rencana suksesi bisnis dari para pemilik usaha di Indonesia adalah keberlangsungan dan keberlanjutan perusahaan (69%), khususnya di antara para pengusaha matang (77%). Menjaga warisan dan reputasi pendiri perusahaan juga menjadi prioritas dari pengusaha matang (82%), dan lebih sedikit dari mereka yang menaruh perhatian terhadap keharmonisan keluarga (42%). Sebagian bisnis keluarga sudah dapat mengelola perencanaan strategis dengan baik, namun banyak dari mereka yang terjebak dalam isu-isu operasional dan perbedaan ekspektasi antara generasi awal dengan generasi penerus dari bisnis keluarga. PwC juga menemukan dari beberapa survei yang telah dilakukan aspek-aspek yang terkait suksesi, diversifikasi bisnis, digital, keamanan siber, dan inovasi tidak ditangani dengan baik. Anda, dengan bisnis keluarga yang sedang dirintis saat ini, juga bisa besar dan eksis seperti mereka.

Kini, dengan mengandalkan penjualan online, Alvindo berupaya mempertahankan bisnis itu di tengah pandemi. Bagi Alvindo, yang sudah sering membantu orang tuanya menjaga toko sejak SMP, rasanya sayang meninggalkan usaha yang dibangun orang tuanya 34 tahun silam dengan susah payah. “Itu adalah salah satu inovasi yang kami buat untuk meneruskan dan mengembangkan perusahaan,” ujarnya. Di masa pandemi, upanyanya membuahkan hasil, dengan banyaknya pelanggan yang memesan barang secara daring.

Mereka berjuang untuk memenangkan program inkubasi start up yang diselenggarakan oleh perusahaan Sandbox. Selama mengembangkan start up ini, mereka di bawah bimbingan Han Jipyeong (Kim Seon-ho). Drama ini mengisahkan tentang perjuangan Seo Dalmi dan Nam Dosan dalam mengembangkan perusahaan rintisan alias start up. Melihat hidupnya berantakan dan dipandang sebelah mata oleh orang di sekitarnya, Park Saeroyi lalu berusaha untuk menggapai impiannya membangun franchise restoran terbaik di Korea. Perjuangan, suka dan duka membangun usaha, dikemas dengan lebih sederhana namun apik di sejumlah drama Korea.

Lalu, akta tersebut harus disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM agar nantinya perusahaan tersebut resmi menjadi suatu badan usaha Perseroan Terbatas atau PT. Setelah Nama dinyatakan bisa digunakan, Notaris akan memesan nama perusahaan dan membuat draft Akta Perusahaan sesuai dengan knowledge perusahaan yang disepakati oleh para pengurus dan pemegang saham. Selain itu, salah satu bisnis keluarga Jusuf Kalla di kancah nasional adalah Grup Bosowa. Grup ini merupakan salah satu bisnis milik keluarga Aksa Mahmud, yaitu adik ipar dari JK. Tahun 2012, Tasya menjalani bisnis on-line Judi Online selama kurang lebih setahun, hingga akhirnya ia mempunyai rencana untuk membuka butik bersama Zaskia.

Tak hanya berkunjung ke rumah murid, les secara online atau daring juga kini tengah digemari. Dengan bantuan alat peraga visible seperti gambar atau video, akan memudahkan murid untuk belajar dan tutor les untuk mengajar. Barang bekas yang sudah tak terpakai tapi masih layak pakai bisa dijual di berbagai market atau di media sosial. Tak perlu memakai kamera yang mahal, kamera yang sederhana pun bisa dimanfaatkan untuk membuat foto yang bagus asalkan memiliki kemampuan yang mumpuni. Menjadi reseller atau dropshipper berarti kita menjual produk orang lain di toko kita, dan menaikkan margin harga sedikit untuk keuntungan kita.

Sulistiyanto adalah pebisnis yang punya karier bagus di Sinar Mas sejak bergabung pada 1992. Ia menjabat Direktur Utama Grup Sinar Mas sejak 2002 dan Wakil Ketua Umum Eka Tjipta Foundation, organisasi nirlaba keluarga Widjaja, pendiri Sinar Mas. Sinar Mas adalah perusahaan konglomerasi yang punya ratusan unit usaha, dari bisnis bubur dan kertas, sawit, perbankan, sekuritas dan asuransi, telekomunikasi, properti, hingga infrastruktur dan pertambangan batubara. Eka Tjipta Widjaja, yang meninggal dunia dalam usia ninety eight tahun pada Januari 2019, adalah satu dari lima orang terkaya di Indonesia. Di PT Wadah Masa Depan, ia menjabat direktur utama, sementara Gibran sebagai komisaris utama dan Kaesang sebagai direktur.

Mulya