Cegah Virus Corona Dengan Jaga Imun Tubuh, Begini Caranya!

Seperti yang kamu ketahui, antioksidan memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Pasalnya, kandungan antioksidan tersebut akan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Untuk itu, selama masa pandemi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyarankan agar masyarakat membaca informasi yang kredibel mengenai pemberitaan virus corona ini.

Cara menjaga imun tubuh pada saat pandemi

Sistem kekebalan atau sistem imun sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Tanpa sistem imun, tubuh kita akan terserang bakteri, parasit, virus, dan lainnya. Sistem kekebalan menyebar ke seluruh tubuh dan melibatkan banyak jenis sel, organ, protein, dan jaringan. Sistem imun membuat kita tetap sehat ketika diserang oleh mikroorganisme parasit yang dapat menyebabkan penyakit . Makanan ini menjadi sumber vitamin D yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Ikan tuna juga sumber pangan yang baik untuk mendapatkan nutrisi pembangkit tenaga.

Untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat dalam kondisi pandemi ini, maka makanlah makanan bergizi four sehat 5 sempurna. Konsumsi buah dan sayur dan perbanyak makanan untuk menambah daya tahan tubuh. Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia, karena hal ini amat mempengaruhi imunitas tubuh.

Widya menambahkan kelebihan kalori di badan juga dapat meningkatkan resiko terkena Covid-19. Jika seseorang sering mengonsumsi makanan tersebut, maka resiko terjadinya peningkatan berat badan, obesitas, penyakit kardiovaskular seperti jantung, stroke, diabetes, dan kanker akan lebih tinggi. Oleh sebab itu, Deshinta mengimbau masyarakat untuk tidak mudah stres menghadapai situasi yang tidak menentu ini di tengah pandemi Covid-19.

SISTEM imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana dapat dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan serangan organisme atau kuman yang bisa menimbulkan penyakit. Tak perlu diragukan lagi karena sup ayam termasuk salah satu sumber nutrisi terbaik bagi ibu hamil dalam menjaga kekebalan tubuhnya. Perlu diketahui kalau kuah sup ayam yang dikonsumsi saat masih dalam keadaan hangat, dapat membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. JAKARTA – Di tengah pandemi virus corona, menjaga sistem daya tahan tubuhmenjadi sangat penting, termasuk juga saat perubahan cuaca ekstrim yang sering terjadi di Indonesia, belakangan ini. Penularan virus COVID-19 dapat diminimalisasi dengan tertib menerapkan protokol kesehatan. Jangan lupa selalu #ingatpesanibu dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Pasalnya, badan yang kurang gerak nantinya juga akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih berkurang. Ajari dan biasakan si kecilmencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bermain di luar, dan setelahmemegang binatang peliharaan. Jaga kebersihan tubuh mereka dengan membiasakan mandi minimal dua kalisehari, saat pagi dan sore. Mencuci tangan merupakan pilar utama untuk mencegah infeksi yang masuk melalui tangan, karena tangan merupakan sumber penularan kuman secara langsung ataupun tidak langsung. Ternyata, partisipan yang tidur kurang dari lima jam memiliki kemungkinan empat setengah kali lebih besar terkena flu dibandingkan mereka yang rutin tidur tujuh jam semalam. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, yang memberi anda sistem yang kuat untuk melawan penyakit, kata Elliott.

Kemudian, kamu juga harus menjaga kebersihan ketika proses pembuatannya. Jahe adalah salah satu makanan pilihan Elliott untuk melawan peradangan. Jangan memasang suhu AC terlalu rendah, ini dapat membuat Anda kedinginan, dan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jika anda kurang tidur, maka tentu tubuh anda akan lebih rentan diserang penyakit. Para ahli melihat banyak manfaat lebih yang terkandung di dalam jamur untuk semua bentuk pengobatan terutama sistem kekebalan anda.

Penelitian ini menunjukkan bahwa tubuh mengeluarkan banyak ‘senjata’ dalam melawan SARS-CoV-2. Menjaga sistem imun dengan cara-cara di atas tak ayal lagi krusial untuk dilakukan. Namun yang terpenting, untuk menghindari virus ini, Anda harus tetap berdiam diri di rumah, menjaga jarak sejauh mungkin dari orang lain, dan menjaga kebersihan diri terutama tangan. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa latihan yang cukup membantu proses regenerasi sel imun, serta mengurangi peradangan di tubuh. Ya, dalam menjaga sistem imun, latihan fisik tak perlu berlebihan dan harus disesuaikan dengan kemampuan diri.

Ada banyak nutrisi yang penting untuk tubuh, mulai dari vitamin, mineral, hingga molekul antioksidan. Ketika tidur, sel kekebalan alami kamu turun, dan sitokin inflamasi naik. Perbanyak ibadah dan doa untuk menjaga kondisi psychological, serta tetap rutin berolahraga. Jangan lupa untuk perbanyak istirahat yang baik untuk tubuh serta jika tiba gilirannya, lakukan vaksinasi COVID-19, karena vaksinasi dengan injeksi intramuskular tidak membatalkan puasa. Kurang tidur dapat menurunkan imunitas dan meningkatkan risiko penyakit.

Termasuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, hingga mengonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap prima. Vitamin lainnya yang berperan bagi imun tubuh anak adalah vitamin A, C, B2, B6, K, Kalium, Folat, Magnesium dan kalium. Semua nutrisi tersebut membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dengan menyediakan antioksidan, mengatur metabolisme dan melindungi anak dari berbagai penyakit. Dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah, maka hal tersebut akan membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin anak setiap harinya. Agar memiliki sistem daya tahan tubuh yang kuat, Organisasi Kesehatan Dunia dan Kementerian Kesehatan telah menganjurkan masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat .

Mulya