Perlunya Menjaga Kesehatan Gigi

Masalah kesehatan gigi dan mulut memiliki kaitan yang sangat erat dengan perilaku menyikat gigi secara teratur dan benar, hanya 2,8% penduduk berusia di atas 3 tahun yang menerapkan cara menyikat gigi yang benar. Benang gigi digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Menyikat gigi sering kali tidak mampu menjangkau sela-sela gigi yang rapat.

Saat ini kami memiliki 137 cabang Apotek, dimana lebih dari 50% lokasi kami telah dilengkapi dengan Praktik Dokter Umum. Dengan dukungan yang diberikan lebih dari a thousand karyawan, setiap tahunnya kami melayani 5 juta pelanggan mulai dari kebutuhan obat dan produk kesehatan hingga pengecekan kesehatan. Kata-kata kasar sering kali dipelajari anak-anak dari orang tuanya. Ketika Anda sering berkata kasar saat menjumpai pengemudi lain yang menjengkelkan, mereka belajar ketidaksopanan dan mengimitasi kata-kata tersebut. Anak Anda egois, kasar kepada teman dan tidak menunjukkan sikap mengasihi, barangkali Anda sendiri yang mengajarnya demikian. Ketika Anda selalu menghukum mereka atas kesalahannya, mereka akan belajar bahwa orang yang memiliki kekuatan lebih besar diizinkan untuk menekan orang yang lebih kecil.

Untuk kunjungan berikutnya, sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak sebaiknya ke dokter gigi setiap 6 bulan. Beberapa dokter gigi mungkin dapat menjadwalkan kunjungan 3 bulan sekali. Selain dapat membangun kepercayaan diri anak, kunjungan yang lebih sering juga dapat membantu mengawasi masalah perkembangan gigi anak.

Jangan pernah memarahinya, karena bisa membuat bayi trauma dan malah tidak mau dibersihkan sama sekali. “Mini workshop yang diselenggarakan PDGI Kutim hingga kini sudah mencakup 4 kecamatan di Kutim, yaitu Sangatta Selatan Sangkulirang, Bengalon dan Teluk Pandan. Dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat serta mendukung program pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera,” pungkas Dwi. Semakin awal kunjungan gigi, semakin baik peluang untuk mencegah masalah gigi Si Kecil. Sebaiknya, jangan berikan air pada anak untuk berkumur kecuali jika Anda yakin mereka tahu cara melakukannya.

Batasi konsumsi jus pada anak untuk tidak lebih dari 400 ml per hari. Kedua pilihan minuman ini lebih baik untuk gigi Si Kecil daripada susu dengan tambahan perasa atau jus buah kemasan yang banyak mengandung gula. Membersihkan gigi si Kecil harus dilakukan sejak gigi pertamanya tumbuh, pada usia 6 bulan.

Cara menjaga kebersihan gigi anak

Pentingnya mengajarkan anak menjaga kebersihan mulut serta gigi agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut. Akan tetapi perlu dipahami, anak belum memiliki kontrol atau konsentrasi untuk menyikat giginya sendiri. Peran orang tua dibutuhkan untuk mengawasi dan membantunya dengan tepat. Saat anak belum memiliki gigi susu, pasti orang tua akan memilih makanan cair atau luka untuk dikonsumsi anak.

Dimulai sejak bayi, setelah ia menunjukkan kemunculan gigi-giginya. Untuk bayi dan balita di bawah usia tiga tahun, orangtua disarankan menyikat gigi emreka dengan menggunakan sedikit pasta gigi berfluorida seukuran satu biji beras saat gigi tumbuh. Orangtua juga disarankan untuk membantu anak menyikat gigi selama dua menit, dua kali sehari. Menurut dokter anak Isabelita Guadiz, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mencegah kerusakan gigi pada anak. Minum air putih itu salah satu cara mengurangi infeksi pada gigi setelah makan.

Zat-zat tersebut biasanya terdapat dalam obat kumur yang mengandung ekstrak teh hijau, daunmint, siwak, dan daunthyme. Mengajarkan anak sikat gigi sejak dini merupakan langkah awal yang baik untuk menyadarkan Si Kecil tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi. Untuk Si Kecil yang berusia di bawah 1 tahun, Bunda bisa menyeka gusinya menggunakan lap atau kasa yang sudah dibasahi dengan air matang. Sedangkan untuk Si Kecil yang berusia bulan, Bunda sudah bisa menggunakan sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi.

Selain itu, Anda bisa merebus daun jambu biji terlebih dahulu lalu gunakan air rebusan untuk berkumur. Pemateri juga mengajarkan cara gosok gigi dengan gerakan memutar di setiap permukaan gigi minimal eight kali putaran, kemudian gerakan maju mundur, dan gerakan atas bawah di seluruh permukaan gigi. Pun, untuk bagian dalam, gosok gigi dilakukan dengan gerakan mencongkel. American Dentist Associations dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia menyarankan untuk melakukanrinsingsetelah menggosok gigi danflossing.

Mulya