Melawan Pandemi Covid 19 Melalui Peningkatan Konsumsi Protein Hewani

Dikutip dari Kompas.com, berikut ini ulasan terkait upaya menjaga sistem imunitas tetap stabil pada bulan Ramadan. Menjaga imun tubuh saat corona memang menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Salah satu hal yang bisa kamu terapkan adalah dengan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Untuk itu, sebisa mungkin kamu jangan terlalu berlama lama ketika berada di suhu yang dingin. Akan tetapi, bagi kamu yang terlalu sering tidur atau memiliki waktu tidur yang berlebihan, hal tersebut ternyata juga tidak baik.

Untuk itu selama proses meningkatkan imun tubuh, setidaknya Anda harus mampu berusaha membatasi asupan gula yang masuk hingga kurang dari lima persen dari jumlah kalori harian. Hal ini tentu bertujuan agar daya tahan tubuh tetap kuat di masa pandemi seperti ini. Dalam sehari, setidaknya manusia harus mengkonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih.

Cara menjaga imun tubuh pada saat pandemi

Stres sudah terbukti dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat orang menjadi mudah terserang penyakit. Selain mengatur densitas tulang, vitamin D juga dibutuhkan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda agar tetap sehat. Penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Nutrition menyebutkan adanya hubungan antara asupan nutrisi vitamin E serta proses imunitas dan kualitas hidup lansia. Jika orangtua Anda tercukupi kebutuhan vitamin E-nya, maka standing kesehatan dan daya tahan tubuh mereka pun cenderung lebih kuat. Memang, tidur yang cukup merupakan salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Pastikan proses pembersihan, pengolahan, sampai pada peralatan yang digunakan untuk masak, makan, serta minum selalu bersih. Saat terpaksa harus beraktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk mengingatkan anak agar menjaga jarak fisik dengan orang lain, setidaknya 2 meter. Sempatkan juga berjemur di sinar matahari pagi, sekitar 5 – 15 menit setiap hari. Selain itu, selama di rumah ajak pula anak Anda untuk melakukan senam peregangan di sela-sela aktivitas rutinnya supaya mereka tetap fokus.

Mulai dari mencuci tangan hingga mengonsumsi makanan yang sehat perlu Anda ketahui. Selain istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang seimbang juga menjadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat selama pandemi. Oleh karena itu, meskipun kamu anak kosan tetap saja harus membutuhkan vitamin dan juga suplemen untuk menunjang kesehatan kamu di pandemi. Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa mewabahnya virus Corona seperti sekarang.

Idealnya, kamu bisa menyeimbangkan waktu tidur sesuai dengan kebutuhan dan aktifitas yang kamu jalani. Sehingga, mempunyai waktu istirahat yang cukup dapat dikatakan terletak pada kualitas tidur dan kuantitasnya. Untuk orang dewasa, umumnya manusia akan membutuhkan waktu istirahat yakni sektar 7 hingga eight jam setiap harinya. Lakukan olaharga selama 2 jam 30 menit per minggunya untuk membantu sel-sel kekebalan tubuh kita beregenerasi dan mengurangi inflamasi, seperti berjalan kaki atau jogging. Berkonsultasi dengan dokter juga bisa menjadi salah satu langkah dalam memilih jenis olahraga yang bisa dilakukan. Dengan ini, aktivitas fisik yang dijalani akan sesuai dengan kondisi tubuh.

Manula sangat rentan terhadap virus Corona karena imunitas tubuhnya yang melemah. Dengan terpicunya produksi lendir dari saluran pernapasan, misalnya dalam bentuk dahak, penderita akan merasa lebih lega dan pernapasan berangsur-angsur menjadi lancar. Lendir atau dahak yang keluar akan berisi sel paru-paru yang mati karena virus corona.

Jadi, masukkanlah sayur dan buah 2-3 porsi dalam menu makanan anak setiap harinya. Pada masa pandemi ini, disarankan untuk melakukan olahraga selama 150–300 menit dalam seminggu. Anda bisa mengajak anak bermain sambil olahraga di sekitar rumah, seperti bermain bola atau bersepeda. Tidak hanya itu, ketika menjalani puasa maka banyak sel imun yang lebih sehat dan lebih kuat. Penasihat Gedung Putih Anthony Fauci mengatakan virus Covid-19 dapat dilawan dengan vitamin D untuk mengurangi kerentanan terhadap infeksi dan vitamin C sebagai antioksidan yang baik.

Mulya