Ketahui Gejala Baru Infeksi Coronavirus Pada Anak, Apa Saja?

Hal ini mengingat kasus penyebaran virus itu juga sudah mulai meningkat ke kategori anak-anak per Juni 2021 ini. Tanggal 2 Maret 2020, bertempat di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo didampingi Menkes kala itu Terawan Agus Putranto umumkan kasus pertama COVID-19 di Indonesia. Dua perempuan asal Depok yakni seorang ibu dan putrinya dilaporkan positif COVID-19 setelah diduga tertular WNA asal Jepang. Namun, jika memang diharuskan pulang kampung, lakukan disiplin isolasi mandiri terlebih dahulu selama 14 hari.

Sama halnya dengan individu yang memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung bawaan, obesitas, gangguan metabolisme atau sistem saraf. Namun, bukan tidak mungkin anak-anak tertular COVID-19 dan orangtua harus tetap waspada jika anak mereka didiagnosis dengan atau menunjukkan tanda-tanda penyakit tersebut. Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Hopkinsmedicine, umumnya gejala COVID-19 lebih ringan pada anak-anak daripada orang dewasa. Hal ini didukung oleh pelacakan yang dilakukan terhadap distrik sekolah di Amerika Serikat yang menemukan bahwa jumlah kasus di sekolah menengah hampir tiga kali lipat dibanding kasus sekolah dasar. Sayangnya, masih belum ada penjelasan di balik hal tersebut. Perbedaan angka ini bisa saja disebabkan oleh sisi biologis ataupun perilaku.

Adapun yang harus dilakukan orangtua di masa genting saat COVID-19 mengancam anak-anak adalah dengan tidak membiarkannya lengah terhadap protokol kesehatan. Ortu juga disarankan tidak mengajak anak untuk keluar rumah jika tidak diperlukan. KPAI pun meminta agar rumah sakit dan tempat perawatan anak ditingkatkan. “Makanya Slot Pragmatic mekanisme harus betul-betul memperhatikan kebutuhan anak, RS atau shelter harus disesuaikan kondisi anak, saya tau itu gak mudah tapi penting untuk diupayakan.” Apabila Anda di luar kota atau di zona merah terkait Covid-19, upayakan untuk tidak pulang kampung terlebih dulu jika memang tidak ada hal mendesak.

“Kalau virus ya dikasih antivirus. Panas diberikan penurun panas dan kalau batuk dikaksih obat batuk. Kasih vitamin dan mineral sulaya bada bisa melawan sakitnya,” lanjutnya. Di sisi lain ada pula kemungkinan bahwa bayi terinfeksi setelah lahir karena berkontak langsung dengan sang ibu. Tetap sedapat mungkin menjaga jarak termasuk saat tidur, terutama bila pengasuh negatif. Berdasarkan Data Satgas, maka penambahan balita terpapar COVID-19 dalam waktu kurang dari sebulan terakhir mencapai fifty three orang, anak usia 6-11 tahun mencapai 65 orang, dan anak usia tahun sebanyak 70 orang. Tetap sedapat mungkin menjaga jarak , terutama bila pengasuh negatif. DALAM penanganan Covid-19, anak memang termasuk golongan dengan risiko rendah terpapar.

Bagaimana jika anak balita terkena covid

Keluarga almarhum Akidi Tio sumbang Rp 2 triliun untuk penanganan pandemi Covid-19. Dalam beberapa hari terakhir, kebutuhan tabung oksigen untuk warga di Kalimantan Timur mengalami defisit hingga 12 ton. Relawan sendiri harus sudah mendapat vaksin, sehingga bisa mengarahkan warga lain untuk bersedia divaksin. Meski ada aturan jam operasional PKL, warung makan lesehan dibatasi hingga pukul 20.00 WIB setiap harinya. Selain Ibunda Amanda Manopo, berikut daftar artis yang kehilangan orangtua akibat Covid-19.

“Untuk obat antivirus dan obat ainnya, diberikan sesuai gejala yang muncul,” kata dr. Yovita. “Cara menghitung pergerakan napas, perhatikan gerakan dada bayi, setiap tarikan napas dan embus napas itu dihitung satu kali napas. Sabun lain dapat digunakan untuk mencuci tangan, sepanjang langkah-langkah cuci tangan dilakukan dengan cara dan durasi yang benar. Pemakaian hand sanitizer dengan cara yang benar tetap aman bagi anak, namun disarankan untuk tetap mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala. Gejala pneumonia adalah demam, batuk, dan kesulitan bernafas yang ditandai dengan nafas cepat dan sesak nafas. Dalam pemeriksaan medis terhadap anak, petugas medis menjalankan protokol medis untuk anak.

Jika anak dengan gejala berat, umumnya masa penularan menajdi lebih panjang. Sehingga harus menunggu keputusan dokter kapan anak bisa selesai melakukan isolasi. Sementara untuk lansia dan orang dengan komorbid dilarang ikut mengasuh anak ya, Ma. Hal ini karena lebih rentan terpapar jika turut serta mengasuh anak yang positif Covid-19.

Mulya