Gejala Infeksi Virus Corona Pada Anak Dan Cara Mencegahnya

Ia bahkan tegas menyatakan tidak perlu membesar-besarkan merek vaksin mana yang harus digunakan. Malah, menurutnya, lebih baik mempertimbangkan yang lebih cepat dan lebih maju perkembangannya. Estimasi pengiriman immediate maksimal four jam setelah obat diterima kurir, sedangkan estimasi pengiriman reguler mengikuti estimasi ekspedisi yang dipilih customer.

Bagaimana jika anak balita terkena covid

Cara utama mencegah risiko bayi kena corona adalah Moms yang sedang mengandung tidak sering mendatangi fasilitas kesehatan untuk mengecek kandungan. Untuk mereka yang tidak ada gejala, melakukan isolasi mandiri di rumah atau di tempat isolasi yang telah disediakan oleh pihak desa di daerah tempat tinggal masing-masing. Orangtuanya juga selalu diingatkan untuk menjaga kesehatan dengan mengenakan masker dan rajin cuci tangan. Jika nantinya ada keluhan pada si bayi, juga diharapkan langsung koordinasi dengan gugus tugas. Ia mengakui, kasus tersebut merupakan pasien dengan usia yang paling kecil di Kabupaten Kediri. Mengingat tidak ada gejala klinis, bayi itu juga masih dalam perawatan orangtuanya dengan didampingi gugus tugas, tim medis dan perangkat desa.

Dilansir dariKompas.com, virus korona membutuhkan reseptor ACE2 yang terdapat saluran pernapasan bagian atas untuk melakukan infeksi. Reseptor ini lebih banyak ditemukan di orang dewasa dibandingkan anak-anak. Inilah alasan dibalik jarangnya penemuan kasus COVID-19 pada anak-anak. Namun, Profesor Wendy Barclay dari Imperial College London mengatakan bahwastrainvirus korona baru dapat lebih mudah menginfeksi.

Umumnya, gejala akan muncul dalam 2 – 14 hari (rata-rata 6 – 10 hari) setelah terpajan virus corona. Kebanyakan anak akan pulih dalam waktu seminggu atau dua minggu. Pada dasarnya, gejala yang muncul pada orang dewasa dan anak-anak tidak jauh berbeda. Namun, pada anak-anak gejalanya lebih ringan dan mirip dengan pilek, termasuk batuk dan demam.

Tanda dan gejalanya juga, seperti yang dijelaskan sang ibu bisa sangat berbeda dan membutuhkan pemantauan akut. Melansir laman Times of India, berikut ini beberapa tanda infeksi yang harus diwaspadai, dan apa yang harus dilakukan jika bayi Anda mengalami gejala Covid-19. Dalam akun tersebut, Pemprov DKI juga merincikan 14 poin mengenai protokol kesehatan di rumah yang menjadi tempat isolasi mandiri anak yang terpapar COVID-19.

Selama pemntauan, pastikan untuk selalu membuat catatan ya, Ma. Sehingga Mama atau pengasuh dapat mengetahui apa saja gejala yang anak alami dan dapat dikomunikasikan dengan tenaga medis, terutama jika anak berada di luar nilai regular. Cuci pakaian anak dan pakaian luar yang dikenakan pengasuh secara terpisah dari keluarga lain di rumah.

Menanggapi ini, Health Educator and Communicator KlikDokter.com, dr. Devia Irine Putri mengatakan ASI memang mengandung antibodi dan itu bagus untuk membuat bayi terhindar dari virus corona. Bila orangtua atau pengasuh harus merawat anak lain yang negatif, mandi dan ganti baju dahulu. Tenangkan anak, jelaskan kenapa anak harus isolasi atau berdiam diri di rumah. Beri tahu anak jika isolasi dapat membuat tubuhnya lebih sehat dan menjaga orang lain tetap sehat. Lebih lanjut, Joko juga menerangkan bahwa sang bayi pertama kali dilarikan ke rumah sakit pada Senin (6/4) karena menunjukkan keluhan berupa batuk, pilek, dan diare. Ia sempat menjalani rawat inap di sana selama seminggu, dan akhirnya dipulangkan pada Senin berikutnya (13/4).

Gejala pneumonia di antaranya demam, batuk, dan kesulitan bernafas yang ditandai dengan nafas cepat dan sesak nafas. Biasakan anak untuk mencuci tangannya secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh hewan, serta setelah batuk atau bersin. Segera hubungi petugas kesehatan jika gejala berlangsung lebih dari tiga hari atau jika terjadi reaksi yang lebih berat. Kami telah berbicara dengan ahli-ahli kesehatan di UNICEF untuk menjawab pertanyaan seputar proses vaksinasi dan beberapa kiat sebelum, saat, dan sesudah vaksinasi. Pembagian bansos dilakukan untuk membantu warga yang terdampak PPKM degree Situs Judi Slot 4 di Jakarta saat pandemi COVID-19. “Semangat ka, cpt sembuh keluarganya. Setiap hari liatin yang keluarg dr IGD wisma pake peti. Sedih rasanya banyak yg masih gapercaya.” tulis akun @xyyxzx.

Saat anak terinfeksi Covid-19, orangtua atau pengasuh juga bisa mengasuhnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menghindari paparan air liur dan cairan tubuh, serta hindari untuk mencium anak. Muntah mungkin juga merupakan tanda infeksi saluran cerna atau pneumonia ringan (yang dapat diakibatkan oleh Covid-19). Pertimbangkan untuk mendapatkan pendapat dokter sesegera mungkin jika anak Anda mengalami gejala tambahan muntah, seperti suhu tinggi, mudah tersinggung, perubahan suasana hati, dan sesak napas. Kondisi bayi di bawah usia 5 tahun lebih rentan karena sistem imun yang belum memadai.

Wabah penyakit yang disebabkan virus corona atau COVID-19, belum juga berakhir hingga akhir Mei 2020 ini. Bukan hanya menyerang orang dewasa, anak-anak, bahkan bayi pun punya risiko terkena virus tersebut. Tak ada yang tahu sampai kapan Corona berakhir, sehingga tindakan pencegahan sangat penting dilakukan. Itu sebabnya jangan pernah bosan mengingatkan anak-anak dan keluarga lainnya untuk menerapkan protokol kesehatan. Pakai masker, faceshield sebagai pelengkap, mengonsumsi makanan sehat, dan rajin cuci tangan. Apabila anak masih balita, Devia menyarankan untuk pakai sarung tangan saat mengganti popok.

Mulya