Beragam Klaim Obat Corona Di Indonesia

Hesheng bahkan mengatakan kalau kombinasi TCM dan pengobatan Barat untuk mengobati pasien dengan virus corona merupakan fitur penting dalam perlawanan terhadap wabah. Pemerintah Tiongkok juga memobilisasi penelitian ilmiah dan petugas medis terbaik dari kedua bidang, baik dari TCM maupun dari pengobatan Barat untuk merawat pasien virus corona. Menurutnya, BPOM mendapatkan mandat untuk memastikan obat tradisional dan pangan itu memenuhi persyaratan aspek khasiat keamanan dan kualitas. Dia memastikan, hingga saat ini pengembangan obat belum ada yang bisa diklaim untuk Covid-19.

Hal ini untuk memberikan bukti bahwa Jamu di Indonesia aman dan berkhasiat. Dari beberapa kasus Covid-19 di Indonesia, lanjutnya, ada komorbid alias penyakit bawaan. Tertinggi darah tinggi atau hipertensi, diabetes, jantung, paru obstruktif, ginjal, ibu hamil hingga asma. “Keamanan tentu saja, jamu atau natural harus memenuhi parameter tidak ada efek samping tak ganggu fungsi hati dan ginjal,” imbuhnya.

Setelah suplemen ditemukan, goal berikutnya adalah mencari vaksin untuk pencegahan corona bagi masyarakat yang belum terinfeksi virus corona tersebut. Ia mengungkapkan, suplemen dapat menjadi harapan bertahan hidup bagi pasien yang sudah positif terinfeksi corona. Dengan begitu, riset jangka pendek dapat difokuskan untuk menemukan suplemen penguat daya tahan tubuh terhadap gejala mematikan yang ditimbulkan corona. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi juga sudah melakukan riset bahan alam untuk obat natural terstandar. Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT Soni Solistia Wirawan berpendapat, obat penyembuh memang membutuhkan waktu lama untuk pengembangannya.

Saat ini, tanaman natural banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai salah satu cara untuk membantu pencegahan virus corona atau COVID-19. Tanaman herbal yang umum dikonsumsi oleh masyarakat adalah kunyit dan temulawak. Selain dijadikan sebagai penangkal virus corona, temulawak sendiri memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mengatasi sistem pencernaan, obat radang, penyembuk luka, penambah nafsu makan, antijamur, obat jerawat, hingga menjaga kesehatan liver. Walaupun berbagai bagian tanaman mengkudu telah lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, penggunaan yang paling umum adalah mencegah dan mengobati kanker.

Viktor mengatakan bahwa berdasarkan hasil riset sejumlah pihak di provinsi berbasis kepulauan itu, telah ditemukan ramuan herbal untuk pengobatan pasien COVID-19. Suplemen penguat daya tahan pasien corona serta obat terhadap gejala dan vaksin corona ditargetkan menjadi hasil dari kerja sama riset tersebut. Riset bahan alam tersebut masih dalam tahap kerja sama pengembangan dengan industri seperti Nucleus Farma. Yenny berharap, ke depannya pemanfaatan sumber daya alam lokal untuk tindak preventif dan kuratif berbagai penyakit dapat dimasifkan.

Namun, ia menekankan, sebagai ramuan yang belum dipastikan efektivitasnya, larutan ini bisa menimbulkan efek samping, terutama bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan lambungnya. BPOM terus melakukan evaluasi terhadap produk natural yang beredar di masyarakat. Setidaknya, masyarakat yang memanfaatkan produk herbal, dapat menjadikan ijin edar ini sebagai salah satu pedoman ketika memilihnya di pasaran. Science and Technology Counselor Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia, Yi Fanping menjelaskan kombinasi metode pengobatan Barat dan pengobatan tradisional merupakan ciri khas solusi Tiongkok.

Obat alami untuk covid

Para ilmuwan mengharapkan hasil uji coba dapat diketahui paling lambat akhir Mei. Jika Artemisia terbukti efektif dalam uji coba tersebut, tes lebih lanjut termasuk uji coba pada manusia, masih perlu dilakukan. Studi tersebut menggunakan ekstrak uji dari tanaman Artemisia annua, juga dikenal sebagai tanaman apsintus, serta turunannya seperti tanaman artemisinin. Kami akan menjaga informasi yang akurat dan terkini, namun Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi.

Klaim ini disampaikan seseorang bernama Hadi Pranoto, dalam wawancara di kanal YouTube milik penyanyi Anji. Selain itu, Satgas juga merasa perlu memberikan panduan bagi masyarakat terkait obat tradisional kaitannya dengan Covid-19. Jenis-jenis obat tradisional di Indonesia meliputi jamu, obat natural terstandar , dan fitofarmaka.

Awalnya dia tidak menyangka terkonfirmasi positif Covid-19, sejak 15 Oktober 2020 lalu usai uji swab di Balikpapan. Membeli obat tradisional atau OMAI dari toko resmi, baik pembelian yang dilakukan secara luring maupun daring . Selain keanekaragaman tumbuhan tersebut, Indonesia juga kaya dengan keanekaragaman etnis dan budaya. Pada setiap etnis, terdapat beranekaragam kekayaan kearifan lokal dalam memanfaatkan tumbuhan untuk pengobatan tradisional. Pengetahuan lokal tersebut sangat penting untuk pengembangan pengobatan secara tradisional.

Mulya