Apa Yang Bisa Dilakukan Jika Orang Terdekatmu Mengatakan Aku Ingin Mati?

Ada yang tidak menimbulkan trauma khusus, tetapi bagi orang lain dapat menimbulkan perubahan drastis. Hal ini disebabkan karena begitu banyak pengalaman dan faktor lain yang saling mempengaruhi satu sama lain. Namun, jika seseorang merasa sudah mengalami terlalu banyak “peristiwa” negatif, maka hal tersebut dapat menjadi pemicu ia benar-benar memutuskan untuk mencoba bunuh diri. Masih banyak stigma seputar kesehatan mental dan bunuh diri yang beredar di masyarakat. Tidak heran jika banyak informasi dan pemahaman mengenai bunuh diri di tengah masyarakat yang tidak benar atau sesat, menjadi mitos yang berulang-ulang. Hal ini mungkin disebabkan karena pendidikan mengenai kesehatan jiwa tidak pernah diajarkan secara formal atau informal, sehingga masih banyak orang yang salah paham dengan isu ini.

Patahati menyebabkan bunuh diri

Anak jaman sekarang banyak dikelilingi faktor pemicu stress. Tuntutan berprestasi di sekolah atau dalam klub olahraga, PR bertumpuk, serta tekanan lingkungan. Stres melemahkan hampir semua sistem biologi dalam tubuh. Kortisol dalam tubuh diproduksi terus, hingga anak mudah mengalami perubahan emosi secara dramatis hingga depresi. Hindari faktor stres dengan melakukan kegiatan secara rasional.

Putus cinta memicu kecemasan kronis dan jika kondisi ini diabaikan, itu bisa berubah menjadi depresi. Para peneliti dari Purdue dan Kansas State University melakukan studi terhadap 200 orang dewasa yang baru saja mengalami patah hati. Hal ini dilakukan untuk meneliti hubungan antara patah hati dengan risiko bunuh diri. “Jika mereka tidak bisa memproses patah hati dengan cara yang sehat dengan terapis, atau mengambil waktu untuk memulihkan diri sendiri, mereka bisa mengalami stres tingkat tinggi,” ujarnya lagi. Stres tingkat tinggi ini bisa membuat tubuh melepaskan kortisol ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, kita juga perlu berhati-hati untuk tidak terlalu cepat menyimpulkan, menduga-duga, atau berasumsi mengenai penyebab bunuh diri seseorang. Banyak faktor risiko atau “peristiwa” yang dialami seseorang namun tidak dapat kita ketahui, terlebih apabila orang itu tidak mengungkapkan apa saja yang menjadi beban atau masalah yang ia hadapi. Jadi orang yang pertama tahu information & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Seluruh pihak yang terlibat di dalam pementasan ini merupakan mahasiswa serta dosen dari program ECI UK Petra Surabaya, mulai dari aktor, sutradara, penulis, kru, hingga produser. Aktor, sutradara dan kru merupakan mahasiswa program ECI. Salah satu tujuan program ECI adalah untuk mengembangkan bakat mahasiswa di bidang industri kreatif seperti video, pementasan, sosial media, dan lain-lain, dengan mengaplikasikan bahasa Inggris dalam pelaksanaannya.

Perlu dibedakan antara depresi reaktif dan depresi pada gangguan bipolar. Tentu cara membedakannya dengan melakukan serangkaian tes tertentu. Suatu situasi yang membuat Anda merasa tersisih dan sendirian bisa menjadi traumatik, bahkan ketika itu tidak melibatkan cedera fisik.

Untuk bisa tidur dengan baik, semua alat elektronik harus dimatikan demikian halnya sumber cahaya di kamar tidur. Orang yang sering terganggu tidurnya, sebaiknya mulai sore Agen Bola Online hari menghindari minuman mengandung kofein. Keterkaitan antara stres dan kurang tidur sudah dibuktikan dalam sebuah studi dari Pennsylvania State University College.

Mulya