6 Jenis Tanaman Herbal Untuk Cegah Infeksi Virus Corona Halaman All

Peneliti dari Institut Pertanian Bogor dan Universitas Indonesia belum lama ini melakukan penelitian gabungan untuk mengetahui komponen dari bahan herbal atau alami yang bisa melawan infeksi virus corona. Hasilnya, jeruk beserta kulitnya dianggap berpotensi untuk mengemban tugas tersebut. Badan Pengawas Obat dan Makanan menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada obat herbal yang terbukti menyembuhkan Covid-19.

Saat penelitian, akan dicari molekul apa yang nantinya digunakan oleh pengembang obat dan vaksin. Setelah ada molekulnya, masuk dalam pengujian laboratorium untuk menetapkan karakterisasi dan spesifkasinya. Ia pun mengingatkan para produsen obat-obatan natural untuk menghindari klaim berlebihan terkait penyembuhan COVID-19. Sementara masyarakat ia minta lebih jeli menyaring informasi yang legitimate terkait produk-produk herbal.

Apalagi dari hasil riset menyebutkan mutasi virus COVID-19 telah berkembang cepat. Hanya saja, imbuh Penny, obat tersebut bisa dikonsumsi berdasarkan hasil penelitian tim mengenai dampak baiknya. Ia pun mengingatkan, peran BPOM tidak hanya mengawasi obat-obatan kimiawi atau kandungan vaksin. Produk herbal pun menjadi pengawasan BPOM, terlebih lagi dalam kondisi pandemi. Meski teori tersebut tampak meyakinkan, masih dibutuhkan penelitian dalam skala yang lebih besar untuk memastikannya. Selain itu, efektivitas senyawa eucalyptol di tubuh manusia juga belum begitu jelas.

Obat covid herbal

Selain itu, menurut Institut Kesehatan Amerika dalam jurnal ilmiah Nature berpendapat bahwa obat tradisional ini bisa jadi meringankan gejala penyakit COVID-19. Para ilmuwan pun hingga kini masih terus mengupayakan segala kemungkinan termasuk menjajal pengobatan natural seperti obat lian hua atau minyak kayu putih yang sekiranya bisa digunakan untuk menyembuhkan COVID-19. Hingga saat ini, obat atau vaksin yang dipastikan efektif melalui serangkaian metode uji klinis belum ditemukan. Lebih jauh, Badan POM juga mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi produk herbal secara aman dan tepat.

Pada Pandemi vurus flu burung Profesor Nidom Faundation pernah menguji empon-empon untuk mengatasi gejala yang diakibatkan virus flu burung. Hal itu bukan semata disebabkan oleh virus sendiri, melainkan efek dari infeksi virus itu yang memperberat kondisi paru-paru. Contoh pemanfaatan dari kekayaan alam tersebut adalah penggunaan tanaman herbal untuk tujuan kesehatan secara turun temurun. Saat ini, tanaman natural banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai salah satu cara untuk membantu pencegahan virus corona.

Obat natural mungkin bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya COVID-19. Meski begitu, tetap lakukan upaya pencegahan dasar COVID-19, seperti mencuci tangan, tidak menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci, menerapkan physical distancing, serta mengenakan masker dalam setiap aktivitas, terutama di tempat umum. Untuk bisa digunakan sebagai obat, daun eucalyptus harus dikeringkan terlebih dahulu. Setelah kering, daun tersebut akan melalui proses penyulingan hingga menghasilkan minyak.

Mulya