5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Untuk Cegah Virus Dan Penyakit

Radikal ini adalah senjata lain dari tubuh dalam melawan patogen,” kata Gombart. Vitamin C juga terlibat dalam produksi antibodi, yang tanpanya tubuh tidak dapat mengendalikan COVID-19. Dalam kasus terburuk, kekurangan nutrisi dapat membuka pintu bagi virus karena ketidakmampuan tubuh mempertahankan diri. Bagi orang-orang yang termasuk dalam kelompok risiko, bahaya terkena penyakit yang lebih parah pun menjadi sangat tinggi.

Anda cukup pergi ke apotek terdekat dan mencari suplemen vitamin sesuai dengan kebutuhan. Vitamin C memiliki fungsi untuk mencegah infeksi akibat virus dan bakteri. Selain itu, vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu untuk melawan virus dan bakteri di dalam tubuh. Nutrisi yang baik dan dikonsumsi secara tepat dan teratur sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh seseorang. Apalagi disaat mewabahnya virus covid-19 seperti saat ini, kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan serta mempunyai daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah terkena virus dan penyakit lainnya.

Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi. Salah satu cara menjaga imunitas tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Meskipun terdengar sepele, nyatanya banyak orang yang mengabaikan pola hidup sehat ini. Salah satu cara mudah untuk memulai hidup sehat ini adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, protein, dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi multivitamin saat puasa bisa membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kandungan mineral dari multivitamin juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas.

Dalam pepaya terdapat kandungan vitamin A, B, C, dan K yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Penting untuk tidak menjalankan diet tidak berdasar yang menekankan kepatuhan pada daftar ketat makanan atau aturan diet. Dalam beberapa kasus, food regimen semacam ini dapat menekan fungsi kekebalan tubuh. Olahraga berlebihan justru dapat meningkatkan stres, yang dikaitkan dengan sistem kekebalan yang lebih lemah. Gerakan teratur juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan mood, dan memperkuat tulang. Sistem imun setiap orang berbeda, tetapi secara umum, sistem imun menjadi lebih kuat semakin kita dewasa karena.

Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang membantu Anda menjaga food regimen seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Bila konsumsi secara langsung dari makanan masih belum mencukupi, barulah Anda bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen. Sudah banyak ragam suplemen vitamin yang dapat membantu Anda untuk menjaga daya tahan tubuh.

Protein juga berperan membentuk antibodi dalam sel darah putih, sehingga dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh dan membunuh lebih banyak virus/bakteri yang masuk tubuh. Sumber protein hewani memiliki nilai biologis lebih tinggi dibandingkan sumber protein nabati, karena dari segi kualitas dan kuantitas komposisi asam aminonya lebih baik. Berbagai sumber protein adalah daging sapi, ayam, ikan, susu dan hasil olahannya, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan lain-lain. Kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk menjaga dan melawan virus serta bakteri penyebab penyakit pun ikut menurun. Pandemi COVID-19 menuntut semua orang untuk beradaptasi dan melakukan berbagai perubahan pada gaya hidup, tidak terkecuali bagi anak-anak. Mereka harus belajar di rumah, tidak menemui teman-temannya di sekolah, atau bermain bersama di taman.

Cara menjaga imun tubuh pada saat pandemi

Artikel ini membahas tentang sistem pertahanan tubuh manusia, baik yang nonspesifik eksternal dan nonspesifik inner maupun yang spesifik yaitu limfosit B dan limfosit T. Selain itu, bahan alami ini dapat mengurangi kadar lipid dalam plasma dan meningkatkan aktivitas lipoprotein lipase. Peningkatan metabolisme plasma lipid ini dapat dimanfaatkan sebagai energi tubuh untuk kembali beraktivitas. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mulya